teori uses
and gratifications
Berdasarkan pembahasan mengenai pemasaran media
iptek ini teori komunikasi yang digunakan adalah teori uses and gratification.
Teori yang dikemukakan oleh Blumler,
Gurevitchdan Katz (Griffin, 2003) ini menyatakan bahwa pengguna media
memainkan peran yang aktif dalam memilih dan menggunakan media. Pengguna media
berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik untuk memenuhi kebutuhannya. Artinya, teori
uses and gratification
mengasusmsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhan. (Nurudin,
“PengantarKomunikasi Massa” hal.191-192)
Jaman sekarang media massa selalu berlomba untuk memberikan sajian
yang menarik. Tak jarang juga media yang isinya dibuat lebihspesifik mengingat masyarakat kita yang
heterogen dan memiliki kebutuhan yang berbeda akan informasi. Media iptek
contohnya, media iptek merupakan media yang dikhususkan bagi mereka yang
memiliki kebutuhan lebih akan IPTEK.
Dari sudut pandang pembaca teori Uses and Gratification ini sangat cocok dalam menganalisis pemasaran media iptek karena dalam teori ini dijelaskan bahwa Para anggota khalayak dapat bebas menyeleksi media dan program- programnya yang terbaik yang bisa mereka gunakan untuk memuaskan kebutuhannya. Mereka dapat menentukan apakah akan mengkonsumsi media iptek atau tidak.
Ketika masyarakat mengkonsumsi sebuah tayangan atau media
mereka tentunya memiliki harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain
itu. Selain sadar dengan kebutuhan-kebutuhannya, khalayak pun
dapat menyadari apakah cara yang digunakan untuk memenuhi motif-motif
ini bisa memuaskannya atau tidak.
Dalam pembahasan kali ini salah satu motif yang dimiliki adalah berhubungan dengan motif pemuasan kebutuhan. Media iptek ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai Iptek.
Iptek ini tidak hanya berbicara mengenai penemuan-penemuan akan mesin-mesin yang canggih saja, namun disini cakupan iptek juga cukup luas, media iptek juga membahas mengenai Energi, Transportasi, TIK, Pangan dan Pertanian, Kesehatan dan obat, Hankamserta Material maju (nanoteknologi) sehingga masyarakat yang memiliki kebutuhan akan hal tersebut dapat terpenuhi.
Dari sudut pandang pembaca teori Uses and Gratification ini sangat cocok dalam menganalisis pemasaran media iptek karena dalam teori ini dijelaskan bahwa Para anggota khalayak dapat bebas menyeleksi media dan program- programnya yang terbaik yang bisa mereka gunakan untuk memuaskan kebutuhannya. Mereka dapat menentukan apakah akan mengkonsumsi media iptek atau tidak.
Dalam pembahasan kali ini salah satu motif yang dimiliki adalah berhubungan dengan motif pemuasan kebutuhan. Media iptek ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai Iptek.
Iptek ini tidak hanya berbicara mengenai penemuan-penemuan akan mesin-mesin yang canggih saja, namun disini cakupan iptek juga cukup luas, media iptek juga membahas mengenai Energi, Transportasi, TIK, Pangan dan Pertanian, Kesehatan dan obat, Hankamserta Material maju (nanoteknologi) sehingga masyarakat yang memiliki kebutuhan akan hal tersebut dapat terpenuhi.
2 comments:
posting yang bagus, tapi mungkin kalimat terakhir bisa dikoreksi lagi. :)
willwii.blogspot.com
thaks willy untuk koreksinya..
Post a Comment