Time:

relojes web website clock

Tuesday 26 November 2013

Format Penulisan Berita TV

Sebagai wartawan media elektronik  khususnya Televisi, ada beberapa format yang harusnya sudah hafal diluar kepala, adapun format-format itu adalah :

1. Reader
Reader adalah format berita tv yang paling sederhana. Reporter cukup menulis lead in/ teras berita saja untuk dibacakan oleh presenter atau penyiar berita. Berita ini sama sekali tidakmemiliki gambar. Berita ini dibuat karena diperoleh menjelang deadline atau ketika program tengah mengudara.

2. Voice Over (VO)
Voice over adalah format berita TV yang baik intro maupun tubuh berita dibacakan penyiar seluruhnya. Saat penyiar membacakan isi tubuh berita, gambar akan disajikan menyertai tubuh berita sesuai konteks naskah. Atmosphere sound yang terekam dalam gambar dapat dihilangkah atau dimunculkan bila memang dapat membangun suasana peristiwa. 

3. VO-Grafik
VO-Grafik adalah format berita televisi yang lead in dan isi beritanya seluruhnya dibacakan penyiarnya. Ketika penyiar membacakan tubuh berita, gambar pendukungnya hanya berupa grafik dan tulisan. Tidak ada sama sekali gambar peristiwa, karena saat berita ini dibuat peristiwanya tengah berlangsung dan redaksi belum meneria kiriman gambarnya.

4. Sound on Tape (SOT)
Sound on Tape (SOT) adalah format berita TV yang hanya berisi intro  dan statement (pernyataan) narasumber. Penyiar hanya membacakan  intro  berita, yang lalu diikuti pernyataan narasumber.  Tentu saja pernyataan yang dikemukakan narasumber tidak boleh mengulang isi lead in. SOT harus merupakan kelanjutan kalimat dari intro.

5. Voice over - Sound On Tape
VO-SOT adalah format berita TV yang memadukan antara voice over dengan sound on tape.  Into  dan isi tubuh berita dibacakan penyiar. Pada akhir berita dimunculkan SOT narasumber sebagai pelengkap berita yang telah dibacakan. Jadi, ekor sebuah berita diakhiri dengan SOT atau sync dan tidak ada lagi naskah yang dibacakan penyiar.


6. Package
Package adalah format berita yang intro atau lead in-nya dibacakan penyiar, tetapi isi berita dibacakan (dubbing) oleh reporter bersangkutan atau narator lainnya. Pada bagian tubuh berita disisipkan SOT narasumber dan berita ditutup dengan narasi yang dibacakan reporter atau narator lainnya. 

7. Live  on cam
Live on Cam adalah format berita TV yang pelaporannya langsung dari lapangan atau tempat peristiwa. Sebelum reporter melaporkan peristiwa, penyiar terlebih dahulu membacakan lead in dan kemudian memanggil reporter di lapangan untuk melaporkan hasil liputannya. Pada saat melaporkan peristiwa, reporter terlebih dahulu muncul untuk menjawab panggulan penyiar. Setelah itu, reporter melaporkan peristiwa secara lengkap dan laporannya diinsert atau disisipi gambar/visual yang relevan. 

8. live on tape (LOT)
Live on Tape adalah format berita yang direkam secara langsung di tempat kejadian, namun siarannya delay atau ditunda. Dengan kata lain, reporter merekam laporannya di tempat peristiwa dan penyiarannya dilakukan kemudian.

9.Vox pop 
Vox pop merupakan kependekan dari vox populi (bahasa latin), yang berarti suara rakyat. Ini bukan format berita, tetapi biasanya digunakan untuk melengkapi format berita yang ada. Kita dapat mengutip reaksi berupa komentar atau harapan masyarakat atas berita tertentu. Misalnya, komentar masyarakat atas kenaikan harga BBM, kenaikan harga bahan pokok, presiden terpilih, kenaikan tarif listrik, dan sebagainya. Anggota masyarakat yang ditanya hendaknya beragam profesi supaya variatif. Jumlahnya sebaiknya minimal 4 orang dan maksimal 5 orang.

10. Live by phone

Live by phone adalah format berita TV yang disiarkan secara langsung dari tempat peristiwa dengan menggunakan telepon ke studio. Intro atau lead in berita dibacakan penyiar, yang lalu memanggil reporter untuk menyampaikan laporannya.



11. Phone Record
*   Phone record adalah format berita TV yang direkam secara langsung dari tempat reporter meliput, tetapi penyiarannya dilakukan secara tunda. Hampir sama dengan live by phone. Hal yang membedakan hanya soal teknis penyiarannya yang dilakukan secara tunda.

12. visual news
*    Visual news adalah format berita TV yang hanya menyajikan (rolling) gambar-gambar menarik dan dramatis. Penyiar cukup mengantarkan lead in atau intro, kemudian VTR man segera memutar video gambar yang disiapkan redaksi.





3 comments:

Unknown said...

Nice post. :)

Btw, saran: warna font nya mending hitem aja :))

Unknown said...

thank you willy :)

Unknown said...

NICE POST MEL..