Time:

relojes web website clock

Tuesday 26 November 2013

Kota Kecil yang Ngangenin

Judul itulah yang paling tepat untuk mengungkapkan perasaan saya kepada sebuah kota yang memberi banyak kenangan untuk saya. sebuah kota yang menjadi inspirasi bagi kehidupan saya. kota itu tak lain adalah Purwokerto, sebuah kota yang terletak di  provinsi Jawa Tengah. letak kota ini cukup jauh dari ibukota. butuh waktu 5-6 jam untuk sampe di sana, dan itupun menggunakan kereta. jika menggunakan kendaraan pribadi mungkin bisa menghabiskan waktu 10-12 jam. 

kota purwokerto ini berkabupaten di Banyumas, dan dikenal sebagai kota satria. di sini juga terdapat universitas negeri yang cukup terkenal yaitu Universitas Jendral Soedirman (UNSOED). Kota Purwokerto memang bukanlah kota besar, namun kota ini memiliki banyak fasilitas yang tak tertinggal dari kota-kota lain, seperti pusat perbelanjaan, kuliner, objek wisata, stasiun, maupun hotel. Wisata dan Kuliner Purwokero adalah hal yang membuat saya selalu ingin kembali ke sana. Mungkin banyak orang yang belum mengenal kota ini, namun jika suatu hari ada kesempatan untuk berkunjung ke Jawa Tengah, sempatkanlah untuk ke kota ini, dijamin tidak akan menyesal :)

Berbicara mengenai kuliner di Purwokerto makanan khasnya adalah:
1. Mendhoan


Mendhoan  ini merupakan makanan yang terbuat dari tempe yang tipis/ diiris tipis kemudian digoreng. Namun mendhoan tidak sama dengan tempe goreng lain yang sering kita jumpai, tempe mendhoan di Purwokerto ini berbeda dari tempe-tempe ditempat lain. Bahan untuk membuat Mendhoan adalah tempe khusus yang biasanya dibungkus dengan menggunakan daun, di dalam daun itu biasanya terdapat 2 buah tempe yang memang sudah berukuran tipis sehingga memudahkan dalam penggorengan karena kita tidak perlu mengiris ulang. dan teknik penggorengannya juga unik, yaitu tempe digoreng setengah matang.


2. Getuk goreng


Bahan utama membuat getuk goreng adalah singkong, gula merah dan tepung beras. Bahan-bahan ini sangat mudah didapatkan disekitar kita, pembuatannya pun tidak memakan waktu dan biaya yang bayak. Getuk goreng ini kebanyakan di produksi di sebuah daerah yang bernama Sokaraja, sebuah kota kecamatan di pinggir Purwokerto.

3. Kripik Tempe

kripik tempe pada dasarnya hampir sama dengan mendoan. tempe diiris tipis-tipis dan kemudian digoreng. namun kripik tempe digoreng dengan menggunakan tepung khusus dan digoreng sampe kering, tidak seperti mendhoan yang digoreng hanya setengah matang.

4. Soto Sokaraja

soto sokaraja atau oleh masyarakat Banyumas disebut sroto sokaraja adalah sejenis makanan dari Indonesia. soto ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia. ciri utama soto ini adalah penggunaan sambal kacang dan ketupat. 



Tidak hanya kuliner saja yang membuat saya ingin kembali ke Purwokerto, namun saya juga ingin kembali menikmati wisata alam yang ada di Purwokerto. Tepatnya di Baturaden. berbagai tempat wisata ada di sana, seperti: 

- Bumi perkemahan (Bumper) Baturaden

Bumi perkemahan ini terletak sekitar 14 km dari kota Purwokerto. Tempat yang menyerupai hutan ini udaranya sangat sejuk sehingga sangat cocok dijadikan tempat rekreasi. selain itu tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat perkemahan maupun outbond. Namun berhati-hatilah saat sedang berada di bumper ini, jangan masuk ke area-area yang terlarang, karena disitu masih sering dijumpai binatang buas seperti harimau.

- Loka Wisata Baturaden
Lokawisata Baturaden merupakan sebuah tempat wisata alam yang wajib dikunjungi jika berkesempatan untuk pergi ke Purwokerto. Pemandangan dan suasananya yang masih sejuk menambah keindahan tempat ini. Didalam lokawisata ini terdapat juga air terjun yang indah dan kita juga bisa menikmati kuliner khas Purwokerto.



- Pancuran pitu

pancuran pitu atau pancuran tujuh ini merupakan salah satu lokawisata yang terletak dalam lingkungan lokawisata Baturaden. pancuran pitu ini merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki gunung Slamaet yang keluar melalui tujuh pancuran. cara menuju tempat wisata ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki, letaknya sekitar 2,5 km dari lokawisata Baturaden. atau dapat ditempuh dengan menggunakan mobil namun berbeda jalur, yaitu lewat Bumi perkemahan Baturaden.

- Curug ceheng
Curug ceheng memiliki ketinggian air sekitar 13 meter dan berada di lereng tenggara Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 600 m diatas permukaan laut. Tempat ini dapat dibilang unik karena letaknya yang cukup sulit dijangkau, butuh perjuangan untuk sampai ketempat ini, karena letaknya seperti terembunyi. ketika hendak menuju tempat ini kita harus menuruni ratusan anak tangga, namun rasa lelah yang dirasa sebanding dengan keindahan air terjun yang akan kita nikmati.


- Telaga sunyi
Telaga sunyi berada di daerah hutan yang cukup asri. Meskipun telaga sunyi memiliki lokasi yang tidak terlalu besar namun tempat ini memiliki keindahan tersendiri. Telaga Sunyi ini juga sering dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar acara prewedding.

2 comments:

Unknown said...

MENDOAN PALING ENAK

Unknown said...

apalagi cobanya langsung dari kota asalnya, purwokerto pasti lebih mantab :)