Time:

relojes web website clock

Friday 22 November 2013

# part 3 Komunikasi Massa (media IPTEK dan Teori Uses and Gratification)

Berdasarkan pembahasan mengenai pemasaran media iptek ini teori komunikasi yang digunakan adalah teori uses and gratification.

Teori yang dikemukakan oleh Blumler, Gurevitchdan Katz (Griffin, 2003) ini menyatakan bahwa pengguna media memainkan peran yang aktif dalam memilih dan menggunakan media. Pengguna media berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik untuk memenuhi kebutuhannya. 
Jaman sekarang media massa selalu berlomba untuk memberikan sajian yang menarik. Tak jarang juga media yang isinya dibuat lebihspesifik


Para anggota khalayak dapat bebas menyeleksi media dan program- programnya yang terbaik yang bisa mereka gunakan untuk memuaskan kebutuhannya.
Ketika masyarakat mengkonsumsi sebuah tayangan atau media mereka tentunya memiliki harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain itu. Selain sadar dengan kebutuhan-kebutuhannya, khalayak pun dapat menyadari apakah cara yang digunakan untuk memenuhi motif-motif ini bisa memuaskannya atau tidak.

 Dalam pembahasan kali ini salah satu motif yang dimiliki adalah berhubungan dengan motif pemuasan kebutuhan. Media iptek ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai Iptek.

Iptek ini tidak hanya berbicara mengenai penemuan-penemuan akan mesin-mesin yang canggih saja, namun disini cakupan iptek juga cukup luas, media iptek juga membahas mengenai Energi, Transportasi, TIK, Pangan dan Pertanian, Kesehatan dan obat, Hankamserta Material maju (nanoteknologi) sehingga masyarakat yang memiliki kebutuhan akan hal tersebut dapat terpenuhi.

Mengingat pembahasannya yang cukup berat biasanya pengkonsumsi media iptek hanyalah segelintir orang yang peduli akan hal-hal tersebut serta dari kalangan terpelajar atau masyarakat dengan latar belakang pendidikan cukup tinggi.


2 comments:

Unknown said...

posting yang bagus, tapi mungkin kalimat terakhir bisa dikoreksi lagi. :)

willwii.blogspot.com

Unknown said...

thaks willy untuk koreksinya..