Time:

relojes web website clock

Friday 22 November 2013

# part 1 Komunikasi Massa (media IPTEK dan Teori Uses and Gratification)

Mungkin sebagian dari kita belum cukup akrab dengan media Iptek. apa itu media Iptek dan apa yang dibahas di dalamnya?
mari kita pelajari lebih lanjut

media iptek
Media iptek ini merupakan salah satu media pemerintahan yang dikelola oleh bagian Humas Kementrian Riset dan Teknologi. Media iptek dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan program-program serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah khususnya dalam bidang IPTEK (contohnya Ritech Expo, Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi, dan sebagainya) hal ini sesuai dengan Peraturan Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia nomor 03/M/PER/2010 tentang Organisasi dan Tata kerja Kementrian Riset dan Teknologi, khususnya pasal 35-38 yang mengatur tugas dari bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol.

pasal 38 yang berbunyi:
a. Sub bagian Pers dan Media mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan kon-ferensi pers, perstour, peliputan kegiatan Kementerian Riset dan Teknologi, pe-mantauan media massa dan opini publik, dan penyiapan bahan masukan pimpinan ke media masa.
b. Sub bagian Publikasi dan Dokumentasi mempunyai tugas melakukan penyiapan ba-han publikasi dan bahan-bahan penerbitan lainnya, serta pengelolaan dokumentasi.
c. Sub bagian Protokol mempunyai tugas melakukan penyiapan dan koordinasi pe-laksanaan kegiatan protokol.
Pada pasal ini menunjukkan dengan jelas bahwa media iptek merupakan salah satu bagian dari tugas yang dimiliki oleh KemRistek khususnya bagian Humas.

Selain dari itu majalah ini  juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar IPTEK kepada masyarakat luas. Majalah ini juga banyak meliput prestasi anak-anak bangsa yang memenangkan berbagai perlombaan bidang IPTEK tingkat nasional maupun Internasional, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui bahwa sesungguhnya anak Indonesia memiliki prestasi yang tidak kalah hebatnya dengan negara-negara lain.
Alamat redaksi media iptek berada di Biro Hukum dan Humas Kementrian Riset dan Teknologi Gd . II BPPT lt 5, Jl.MH Thamrin no 8 Jakarta pusat.
Adapun struktur organisasinya adalah:
pimpinan Umum                : WawanBayu 
Pimpinan Redaksi              :IndangWahyurini
Redaksi                                 :  MunawairRazak 
contributor                          : Siswantini
Editor                                    : IndangWahyurini
Photographer                     : Boni Agusta
Creative designer               : Boni Agusta
Distributor                           : Herman
Public Relation                    : Wike W,
Promo daniklan                  : Hali A
Keuangan                             : FikaHapsari
sekretaris dan bank data : Ayu pravitasari

Isi dari media iptek sendiri biasanya diangkat dari isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat yang tentunya tidak lepasdari 7 bidang fokus yang dibawahinya, yaitu bidang: Energi, Transportasi, TIK, PangandanPertanian, Kesehatan dan obat, Hankam serta Material maju. 

Pendanaan dalam pembuatan media iptek sendiri sudah masuk anggaran belanja Kemristek sehingga majalah ini pun dapat dibagikan secara Cuma-Cuma (free). Media iptek yang terbit setiap dua bulan sekali ini memiliki gaya penulisan yang sederhana, hal ini bertujuan agar masyarakat dari berbagai kalangan dapat memahami secara gamblang mengenai isu yang sedang dibicarakan. 

Untuk informasi lebih lanjut dapat membuka websitenya di www.ristek.go.id  atau e-mail ke humas@ristek.go.id


No comments: